Friday 20 November 2009

This Month Vinyl: Doomriders Vs Boris "Long Hair and Tights" 2xLP (Daymare Recordings)




Kali ini pilihan saya jatuh pada album ini. Entah kenapa saya selalu jatuh cinta ketika melihat packaging-nya. Padahal album ini dirilis pada tahun 2007, namun tetap saja masih terdengar segar. Album ini dirilis oleh Daymare Recordings Jepang yang aktif merilis band-band drone, eksperimental, atau progresif.
Jepang tampaknya memang sebuah negara yang serba perfeksionis, entah itu teknologinya atau budayanya. Dan hal tersebut terbukti pula disetiap rilisan Daymare. Album ini punya semuanya; desain mantap, packaging oke, dan sound yang nendang. Dan lagi album ini hanya dirilis dalam format vinyl terbatas dalam jumlah 1000 kopi diseluruh dunia (500 red vinyl dan 500 yellow vinyl).
Long Hair and Tights sebenarnya adalah set live dari keduanya pada saat tur di daratan Amerika tahun 2006. Doomriders merekam materinya secara live di pizza Joint, Vasalia California, sementara Boris merekamnya di Slim's, San Francisco.
Kedua band sepertinya tidak butuh introduksi lagi, masing-masing adalah ikon dari genre yang mereka wakili. Boris adalah punggawa drone terdepan dari negeri sakura yang deretan albumnya selalu penuh totalitas. Sementara Doomriders adalah ikon dari modern rock n roll terdiri dari pentolan-pentolan scene (Converge, Cast Iron Hike, There Were Wires, Disappearer, Old Man Gloom, etc) memainkan motorheady rock n roll dengan semangat seorang nihilis yang menyukai skateboard.
Secara visual, kovernya pasti mengingatkan pada sebuah album klasik. Yup, anda benar, kover nya adalah sebuah daur ulang dari artwork album klasik "Screaming for Vengeace" milik Judas Priest yang dikerjakan oleh Fangsanalsatan. Di print diatas cardboard tebal daur ulang berbentuk gatefold dengan nuansa emas yang tentunya menambah keeksklusifan album ini. Yang menarik, versi mailorder-nya dilengkapi stencil logo kedua band. Tentu saja harga versi mailorder ini sudah jauh berbeda dengan versi standard.
Setelah lama terjual habis, terakhir di cek di ebay harganya berkisar antara 60-80dollar (Entah kenapa harga antara red vinyl dengan yellow berbeda sangat jauh). Stok masih stabil, dalam artian tidak begitu langka sehingga masih ada banyak waktu untuk memilikinya. Namun jika sudah tak sabar, Kreationrecords.net masih memiliki beberapa stok versi yellow vinyl nya.

No comments:

Post a Comment